21 Istilah Digital Marketing yang Wajib Kamu Kenal | Part 3
- Click Through Rate (CTR)
Berapa banyak yang melakukan klik link ke website kamu dari halaman lain, misalnya iklan, e-mail marketing.
Ikuti kelas: 2 Jam Pahami Digital Marketing untuk Memulai Bisnis Anda
- Bounce Rate
Waktu kamu mengakses sebuah blog, kamu hanya membaca satu informasi di satu halaman saja. Kamu nggak melakukan klik pada menu lainnya. Itulah istilah bounce rate pada website. - Engagement Rate
Persentase berapa banyak interaksi yang didapat melalui setiap post di media sosial maupun blog. Interaksi yang dibangun melalui komentar, like, dan share.
Semakin tinggi engagement rate, semakin tinggi juga kamu bisa dipercaya oleh konsumen maupun brand yang tertarik ingin bekerjasama.
- Lookalike Audience
Sebelum memasang iklan di media sosial (Instagram/FB Ads), jangan lewatkan satu hal penting ini: identifikasi target audiens.
Dalam mengidentifikasi, terdapat proses untuk mencari lookalike audience yang sesuai dengan demografis dan ketertarikan mereka. Untuk mencari informasi tersebut, kamu bisa pantau melalui fitur insight di setiap media sosial supaya iklan kamu nggak boncos dan tepat sasaran!
Target audiens yang dikaji lebih dalam oleh tim research and development yang dianggap sebagai calon konsumen potensial disebut buyer persona.
- Pay Per Click (PPC)
Saat kamu meluncur ke sebuah blog, kamu sadar melihat berbagai iklan yang terpasang. Nggak pakai lama, kamu langsung klik salah satu iklan yang membawamu ke satu website lain. Dari situlah fenomena pay per click (PPC) ini terjadi, dan website yang diiklankan mendapat uang melalui klik yang dilakukan pengunjung (visitor). - Consumer Acquisition Cost (CAC)
Biasa disebut sebagai biaya akuisisi pelanggan adalah total biaya yang akan dikeluarkan calon pelanggan dalam waktu tertentu saat menjalankan campaign digital marketing.
Consumer acquisition cost ini penting banget! Bagi investor, nilai CAC menjadi patokan untuk menilai perhitungan biaya yang dikeluarkan perusahaan/pebisnis untuk mendatangkan pelanggan. Sedangkan bagi pebisnis/perusahaan, CAC menjadi nilai ukur performa divisi marketing. Semakin perusahaan dapat mengurangi pengeluaran untuk mendapatkan pelanggan, semakin besar keuntungan yang didapat.
- Google Ads
Dulunya disebut Google AdWords, platform untuk mengatur iklan online yang akan dipasang, mulai dari target audiens, bahasa, sampai penempatan iklan.
Kesimpulan
Ada banyak istilah digital marketing yang wajib kamu kenal nih, supaya nggak perlu pusing lagi saat kamu mulai terjun ke dunia digital marketing untuk memaksimalkan bisnis kamu di internet, baik melalui media sosial, e-mail marketing, dan website. Biar makin akrab dengan istilah-istilah tadi, jangan lupa untuk mengasah skill digital marketing kamu dengan praktik, ya!
Kalau kamu tertarik untuk menyelami digital marketing, baik dari tahap dasar sampai lanjutan, UMAX punya beberapa solusi yang bisa kamu coba, lho!
Semoga bermanfaat ✨
21 Istilah Digital Marketing yang Wajib Kamu Kenal | Part 2 – UMAX
September 18, 2023 @ 3:42 am
[…] Cost Per Impression (CPI)Tarif yang disepakati pengiklan saat iklan muncul dan dilihat oleh pengguna internet. Biasanya tarif berlaku dalam bentuk ratusan atau ribuan tampilan iklan.Udah mulai paham atau makin puyeng nih setelah belajar istilah2 di atas? 🤭 Masih ada 1 part lagi yang bakal di-share… Klik disini ya kalo mau langsung lanjut… […]